Cantik itu Tidak Musti Kulit Putih - WENAS KOBOGAU

Breaking

WENAS KOBOGAU

Percikan Bunga Api Untuk West Papua

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 29 Februari 2016

Cantik itu Tidak Musti Kulit Putih

Ilustrasi Perempuan Cantik
Oleh Lenin W Kobogau


Perempuan selalu gelisa dengan kepribadian yang dimilikinya, terutama soal penampilan fisik, kecantikan itu diukur oleh warna kulit. Kalau berkulit putih cantik, sedangkan berkulit hitam tidak cantik. Sehingga wajar jika mereka jadi korban alat-alat kecantikan domistik. Jika mereka telah memakai produk tersebut, merasa diri menjadi lebih percaya diri.


Semua iklan di televisi pun secara tidak langsung telah mendiskriminasikan antara wanita yang berkulit putih dengan yang berkulit hitam (ini di dunia pertelevisian Indonesia saat ini) . Jika ada iklan kecantikan, pasti bintangnya wanita cantik berkulit putih, atau paling tidak ada dua orang wanita yang kulitnya dibandingkan, seperti yang terjadi pada iklan citra. Hal ini juga bisa disimak pada iklan sabun dan sampo. Secara psikis , mereka yang memiliki kulit hitam tersinggung dan segera ingin membenahi kulit tubuhnya dengan produk-produk tersebut. Apalagi kalau dibilang,” Kulit Hitam, Kasihan deh loo ke tinggalan jama”. Mereka menganggap alat-alat kecantikan tersebut adalah solusi terbaik untuk menjadi kulit putih.


Keesokan harinya, wanita berkulit hitam itu dia akan pergi ke toko mencari alat-alat yang diiklankan dalam televise dan korang/majalah cetak  berapapun harganya dia akan membilihnya untuk menjadi seorang wanita berkulit putih yang cantik. Beginilah akibat dunia global yang semakin memperbudak manusia. Mengapa hanya wanita yang disoroti saat ini, karena saat ini wanita lebih banyak mengunakan barang-barang kapitalis untuk mempercantik diri sampai melupakan efek sampingnya. Karena, mau tidak mau dan banyak orang yang mengakui, korban terbanyak dari alat-alat kecantikan domestic adalah perempuan . Kaum laki-laki ada,  tapi jumlahnya tidak sebanyak perempuan.  Ketika teman atau pacar mengatakan ih ko kulitmu hitam bangat ya, maka dia yang berkulit hitam itu malu dan mencari resep agar kulitnya putih.


Namun,  hay kamu yang berkulit hitam manis jangan merasa cemas dengan kondisi warna kulitmu yang diberikan Tuhan, sebab Tuhan memiliki rencana indah untukmu. 


Orang Indonesia mengatakan kulit putih itu yang Cantik. Coba kita lihat bagaimana orang barat menilai orang kulit hitam. Mereka akan berkomentar , kalau orang berkulit hitam itu lebih seksi, manis dan indah dipandang. Pasti kamu yang berkulit putih seperti Indonesia  herankan kalau ada  orang bule berkata kalau, orang kulit hitam itu seksi dan Sweet/manis. Bagi mereka, orang berkulit putih itu sudah tidak indah lagi dipandang , karna kebosana mereka menlihat kulit putih yang sok cantik. Berarti, sebenarnya yang menjadi masalah ialah Kultural budaya yang dibangun oleh masyarakat Indonesia . Mungkin karena bangsa Indonesia ini belum perna menlihat manusia berkulit hitam yang ada hidup juga seperti  di West Papua, Pasifik dan Afrika dan bebrapa Negara lainnya, maka bagi orang Indonesia yang berkulit putih itu di bilang cantik. Bagi orang barat yang mayoritasnya berkulit putih, mengatakan orang berkulit hitam itu seksi dan Sweet/ Manis.


Karena itu bagi orang-orang yang berkulit hitam jangan merasa berdosa jika kulitmu warna hitam. Syukurilah apa yang telah diberikan Tuhan kepadamu sebab itu berupa kulit-Nya Maha Pencipta. Ketika kita meninggal, kulit akan berubah menjadi tanah. Semua jenis kecantikan akan hialng ditelan bersama bumi. Maka, janganlah tertipu oleh sesuatu yang nampak yang memang itu sangat indah dipandang, tepi cobalah berpikir tentang sesuatu yang ada di balik yang nampak.


Dengan demikian, kita bisa lebih memaknai sesuatu secara mendalam. Bagi perempuan, jangan mau jadi korban dunia alat-alat kecantikan domestik, sebab itu semua tipu mereka hanya mau mengeruk uang-uang kalian. Kalian dibuat susah oleh alat-alat global tersebut. 


Bagi kamu yang tidak terjebak pada realitas yang nampak pasti paham, ukuran cantik seorang tidak hanya dipandang segi fisik, tetapi juga cantik bisa dilihat dari asperk cantik iman, hati,akal dan prilaku. Makanya, kadang orang jatuh cinta itu karena keduanya memiliki prilaku yang sama dan pola berpikir yang sama.  Disini bisa memaknai , mereka memandang cantik dari segi prilaku dan akal. Jadi cantik itu tidak musti berkulit putih.


Bagi kamu Perempuan West Papua Melanesia engkau adalah mutiaraku yang bersinar di West Papua “ I Love You Perempuan West Papua Melanesia”




Penulis Adalah Wenas Kobogau

--------------------------------------------------------------
Referensi
Ridho Alhamdi ,  2006, Melawan Arus , Resist Book Yogyakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here