Hot!

Generasi Mudapa Perlu Lestarikan Budaya West Papua

Ilustrasi Pelestarian Budaya West Papua (Foto.WK)
Budaya dan Bahasa Ibu,Merupakan Garis Keturunang,Prinsib Orang Papua,yang Ber'peganlah Pada Janji Orang Tua Kita Ber'sama?
"Di Zaman Global Sekarang ni,Banyak Ter'Pengaru/Bergaya dengan dunia luar dalam Perubahan yang Ane-ane,Dari Generasi Ke generasi yang Sedang Ter'jadi di ,Seruluh Dunia dan Setiap Negara dari Ke Negara Hampir Seluruh Duani yang Mirib sudah dengan Modern Sekarang ni,di Era Global di Tingkat Usia Muda dari,10 s/d 30 Tahun.
Dan Anak-anak yang Sekarang Lahir di Tingkat Usia Muda/Remaja ni,dari Budaya,Orang Papua dan Pada Khusus'nya Orang Melanesia,yang sudah banyak Tdk Ber'Konfromi dengan Asal Budaya'ny & Bahasa Ibu/ Daerah Mereka ,Malah Mereka Lebih Ber'pengaruh dengan dunia Luar,di bandingan Budaya Orang Tua Mereka,yang ada di Masing -masing Ber'bagai Suku yang ada di Pedelaman Papua/Pegunungan Tengah.
Maka itu kita Sebagai Putra/i Asli Orang Papua (OAP) Harus,Meng'hormati Budaya and Bahasa Ibu/daerah,dari Tete-Nene Moyang kita,Karena kita'lah yang Sebagay Keturunang Budaya dari Generasi Ke generasi, Demi Per'juangan Orang Tua kita.
Dengan Hal ni,kita Perluh Sadari Denga Ber'bagay macam Cara yang S'llu kita,Gunakan/Pakay yang tdk Seseuai dengan Budaya kita,Karena di Jaman Duluh s/d Sekarang ne,Orang Tua kita,Masi Ber'pegan pada Prinsib Budaya/ Sedang Mengunakan Bahasa Ibu/Daerah,Tetp Menggap Hapir Seluruh Anak-anak Papua/Melanesia Ke'hilangangan Budaya And Bahasa Ibu/Daerah,Dimanakha Idealogi'mu Sebagay Orang Papau (OAP).
Budaya Sangat Penting/Ber'guna yang Harus kita Sebagay Garis,Penerus Masa Depan Harus di Lestarikan,Di Mana-mana Agar Nilai-niai Prinsib Budaya Trus, di Perjuankan,dari Masa Ke Masa Dengan Demikitan Juga, Salah satu'nya Bahasa Ibu/Daerah,yang bisa kita Bedakan dari Suku Ke Suku,Agar kita Bisa Mengetahui Ber'sama,Bawah dia/ Mengunakan Bahasa Ter'tentu Berarti, dia Berasal dari Suku/Kabupaten Ter'tentu,Jadi kita bisa Mengetahui Ber'sama Dengan Saling Mengenal.
Oleh : Wendanack.Lep"ko.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.