Hot!

Miskin Di Negeri Kaya

TIMIKA - Senin, 15/03/16, Timika dikenal luas sebagai daerah pertambangan emas terbesar yang dikenal dunia dan menjamin kurang lebih 24 negara. Perusahan raksasa yang sedang mengerok bumi itu disebut Freeport. Dari dalam sampai luar negeri selalu ribut soal Freeport kalau keberadaannya disoroti, diganggu atau diserang. Pertahanaannya dijamin dengan bersepaknya pengamanan ketat yang tidak mudah digoyang.

Ironisnya, rakyat yang menempati posisi terdekat dengan perusahan raksasa itu hanya dibujuk dengan 1% yang tidak semua mendarat pada rakyat. Rakyat melarat dan bahkan jauh dari harapan sebenarnya.

Orang yang tidak pernah ke Timika mungkin berpikir kota di Mimika telah maju, bangunannya mewah-mewah, aspal jalannya mulus, kebutuhan hidup masyarakat terjamin. Ya...harusnya demikian, tapi itu hanya tinggal ilusi semata. Babak-belur, berantakan dan hancurnya kota Timika dapat dibuktikan nyata. Barometernya, lihat warga asli, Komoro, hidupnya telah dihanyutkan limbah dan menyalnya disapu perusahaan kapitalis yang tak punya kompromi itu. Hancurlah hidup ini.


Mouye Pigai

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.