Manusia Menjaga Hewan dan Tumbuhan - WENAS KOBOGAU

WENAS KOBOGAU

Percikan Bunga Api Untuk West Papua

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 12 April 2016

Manusia Menjaga Hewan dan Tumbuhan

Ilustrasi 

Oleh CS Petrus Pekei

Manusia hidup didunia tidak sendirian, melainkan bersama makluk lain, yaitu hewan dan tumbuhan dan lain-lain yang ada di bumi. Makluk hidup yang lain itu bukanlah sekedar teman/kawan hidup yang hidup bersama secara netral atau fasif terhadap manusia, melainkan hidup manusia itu terkait erat pada mereka. Tanpa mereka manusia tidaklah dapat hidup.

Kenyataan ini dengan mudah dapat kita lihat dengan mengandaikan dibumi ini tidak ada hewan maupun tumbuhan. Dari manakah kita mendapatkan oksigen dan makanan? Sebaliknya seandanya tidak ada manusia dibumi ini, tumbuhan dan hewan akan dapat melangsungkan kehidupannya, seperti terlihat dari sejarah bumi sebelum ada manusia. Karena anggapan bahwa manusia adalah makluk yang berkuasa.

Kita menyadari bahwa, Tanah Papua adalah penuh dengan hewan dan tumbuhan, tapi kenyataan yang kita lihat adalah Orang asli Papua sendiri merusak dan menjual hewan maupun tumbuhan seperti hewan burung cendrawasih, kasuari, tupai dan hewan lain yang ada di Papua; tumbuhan pohon, daung ubi dan tumbuhan lain yang ada di papua.

Sebenarnya kita menjaga dan melindungi tumbuhan dan hewan yang ada di tanah Papua, karena tanpa mereka kehidupan kita jadi kasasar. Kalau bukan kita siapa lagi ? dan kalau bukan sekarang kapan lagi? untuk menjaga dan melindungi tumbuhan dan hewan-hewan yang di Papua.

Kata orang tua bahwa, anak sebelum anda meningaalkan kampung halamanmu, anak usahan babi dan ODAA-OWADAA, supaya anda tidak macet perjuanganmu.

Penulis adalah Petrus Pekei Mahasiswa di Bandung Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here