TNI/POLRI Brutal: Ketua KNPB Ditangkap, Lainnya Disiksa - WENAS KOBOGAU

WENAS KOBOGAU

Percikan Bunga Api Untuk West Papua

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 05 April 2016

TNI/POLRI Brutal: Ketua KNPB Ditangkap, Lainnya Disiksa

Suasana Rakyat Papua Di Timika pada saat berdoa 'Selasa (5/4/2016) – Dok. Melsedik Yogi)
Pembubaran ibadah rakyat Papua yang dilakukan oleh aparat gabungan TNI dan Polri di Timika, Selasa (5/4/2016) – Dok. KNPB
Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah  Bomberay, Steven Hitlay ditangkap oleh pasukan Kepolisian Resort (Polres) Mimika di Timika Papua, Selasa (5/4/2016).

Tak hanya itu, sejumlah anggota KNPB bersama warga sipil lainnya juga ditangkap dan dianiaya aparat kepolisian setempat.

Kata Steven, Ketua KNPB sesaat sebelum aksi penangkapan tersebut, menjelaskan pihaknya menggelar doa pemulihan bangsa Papua di Gereja GKII Golgota Kompleks Satuan Perumahan (SP) XIII Distrik Iwaka Timika Papua,  Selasa pagi.

Acara doa bersama itu dimulai sejak pukul 08.00 pagi. “Kami berdoa sekaligus mendukung ULMWP, Papua menjadi keanggotaan penuh di Forum MSG,” jelas seorang warga yang dihubungi media ini.

Ia juga membenarkan, ketika doa tersebut berlangsung, pihak Kepolisian setempat menangkap ketua KNPB, Steven Hitlay, juga sejumlah anggota KNPB lainnya. Diantaranbya, Sprianus Edowai (Ketua Rayon Yamewa), Noak Dimi, Bertus Dimi, Yanto serta lain belum teridentifikasi.

Selebihnya, dilaporkan polisi menyiksa warga lainnya. Selain dipukul, kemudian dipaksa buka baju dan atribut KNPB yang dikenakan pada badan.
“Peristiwa ini terjadi ketika kami sedang doa. Polisi dengan tentara mereka masuk pakai kendaraan 1 Pleton Dalmas, dan 2  Pleton Sabara, serta bersenjata lengkap seperti mau ikut perang,” lanjutnya.

Aksi brutal ini juga ditakuti dengan aksi penembakan ke udara dan ke arah masa, untuk menyiksa dan membubarkan masa. Tak hanya itu, Polisi dan Tentara juga ikut merusak sejumlah atribut. Diantaranya, Bendera KNPB, Bendera negara-negara Pasifik (Fiji, Vanuatu, Kanaki, PNG, Salomon Island).
“Mereka kasi turun spanduk-spanduk dan bendera. Waktu saya dipukul dan disiksa, saya lihat spanduk bertulisan “Rakyat Papua mendukung ULMWP” juga disobek. Jadi mereka brutal dan bawa pergi Steven dan kawan-kawannya,” tambahnya menutup perbincangan via ponsel selulernya.

Sumber lain melapor, tindakan tersebut dilakukan militer gabungan. “Tidak hanya polisi, tapi juga tentara dan Brimob juga ikut turun dengan senjata lengkap. Saya pikir tidak ada perang. Tapi kami mengerti saja. Sejak dulu, Indonesia bunuh orang Papua banyak, sampai detik ini,” pesan salah satu saksi mata.

Sumber lain dari lapangan menyebutkan, pelaku kekerasan dan tindakan brutal itu didalangi oleh aparat kepolisian (Polres) Mimika, Aparat Satuan Detasemen Khusus (Densus) 88 yang ditugaskan Polda Papua di Timika, aparat Militer TNI dari Kesatuan Kodim setempat, serta sejumlah Kopasus dan Preman Intelijen bersenjata.


Atas tindakan tersebut, sejumlah warga dan simpatisan menyayangkan sikap brutal militer tersebut. 


13 Orang Aktivis Papua Merdeka Dapat Tangkap Di Timika!
Pada saat melakukan "IBADAH DOA PEMULIHAN BANGSA PAPUA" Sementara lagi di Interogasi di Polres Mimika (Reskrim)

Berikut ini Nama-nama Aktivis Papua Merdeka yang dapat tangkap Yaitu :
1. Tn. STEVEN ITLAY (Ket. Knpb Timika) (24)
2. Tn. YANTO AWERKYON (Wakil Ketua Knpb Timika) (23)
3. Tn. SEM UKAGO (Sekretaris Knpb Timika) (24)
4. Tn. SEPERIANUS EDOWAY (Ket. Sektor Yamewa) (24)
5. Tn. O.TINES TABUNI (Ket. Panitia) (24)
6. Tn. YUDIMAN KOGOYA (Anggota Knpb) (22)
7. Tn. HUBERTUS DIMI (Anggota Knpb) (23)
8. Tn. NOAK DIMI (Anggota Knpb) (23)
9. Tn. YUNUS NAWIPA (Anggota Knpb) (24)
10. Tn. AGUS NIRIGI (Anggota Parlemen) (25)
11. Tn. PAULUS DAWAN (Anggota Knpb) (30)
12. Tn. ABERTUS DIMI (Anggota Knpb) (24)
13. Tn. PAULUS WENDA (Anggota Knpb) (24)


Oleh Melsedik Yogi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here