Mahasiswa Papua Bandung Dukung Papua Merdeka - WENAS KOBOGAU

Breaking

WENAS KOBOGAU

Percikan Bunga Api Untuk West Papua

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 02 Mei 2016

Mahasiswa Papua Bandung Dukung Papua Merdeka

Aksi mahasiswa Papua di Bandung Jawa Barat menuntut referendum kemerdekaan Papua, Senin (2/5/2016). (Foto: Arie Nugraha/KBR)
Bandung - Sejumlah mahasiswa di Bandung Jawa Barat menggelar aksi mendukung referendum bagi kemerdekaan rakyat Papua.

Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Papua Kota Bandung menggelar aksi itu, Senin (2/5/2016) di Depan Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika Bandung. Aksi itu untuk memperingati 53 tahun pendudukan Indonesia di Papua. 

Mereka menilai sudah saatnya Papua menentukan nasibnya sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyatnya.

Juru bicara Aliansi Mahasiswa Papua Kota Bandung, Miton Jigibalom mengatakan pendudukan Papua yang jatuh pada tanggal 1 Mei 1963 merupakan cikal bakal pemusnahan rakyat Papua oleh pemerintah.

"Itu dilakukan oleh TNI dan Polri yang melanggar undang-undang. Hidup mahasiswa Papua, Papua harus merdeka!" teriak Miton, saat berorasi di depan Gedung Merdeka.

Miton Jigibalom mengatakan, pemusnahan rakyat Papua ini berkaitan erat dengan ditekennya kontrak pertama antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan tambang emas dan tembaga milik Amerika, Freeport McMoran.

Aliansi Mahasiswa Papua Kota Bandung menuntut pemerintahan Indonesia serta seluruh negara yang bersangkutan dengan tanah Papua agar menghentikan segala aktifitas di wilayah Papua.

Aliansi Mahasiswa Papua Kota Bandung juga meminta pemerintah Jokowi-JK agar menarik seluruh anggota TNI dan Polri dari Papua, menghentikan ekspoitasi seluruh perusahaan pengeruk sumber daya alam serta memberikan kebebasan rakyat Papua dalam menentukan nasibnya.

Pada 1 Mei 1963 ditanda tangani Perjanjian New York (New York Agreement) melalui Badan PBB untuk Otoritasi Pemerintahan Sementara (United Nations Temporary Executive Authority/UNTEA), yang isinya penyerahan Papua (Irian Jaya waktu itu) dari pemerintah Kerajaan Belanda ke pemerintah Indonesia. Para aktivis Papua menyebut 1 Mei sebagai Hari Aneksasi Kemerdekaan Kedaulatan Papua Barat.


Sumber Klik disini

Berikut Foto-Foto Kegiatan Aksi AMP 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here