Hot!

Sektor Pangan Papua Potensi Terbesar Wirausaha

Seorang warga di Papua sedang bercocok tanam ubi jalar. (FOTO ANTARA/Jefri Aries)
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Joko Supratikto mengungkapkan bahwa sektor pangan memiliki potensi terbesar dalam dunia kewirausahaan di Papua.

"Kita lihat hampir semua barang di pasok dari Jawa. Kewirausahaan itu kan tidak hanya terbatas pada pembuatan barang jadi, bisa juga di bidang pertanian, termasuk juga perternakan. Sektor pangan peluangnya besar," ujarnya di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/5/2016).


Ia pun mengatakan kini BI tengah gencar menarik minat dari generasi muda Papua untuk mau berwirausaha agar mereka tidak hanya bisa membuat peluang bagi dirinya sendiri tapi juga dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Kita dorong mereka sehingga nantinya setelah lulus kuliah mereka bisa menjadi wirausaha yang mandiri, tidak lagi tergantung dari lapangan pekerjaan yang ada di Papua pada khususnya, apa lagi hanya bercita-cita sebagai PNS atau anggota DPR yang jumlahnya terbatas," jelas dia.

Menurut Joko, BI pun memiliki tugas untuk bisa menumbuhkan jumlah pelaku usaha di sektor mikro, kecil dan menengah. Oleh karena itu terdapat program untuk membina mereka yang berminat berwirausaha.

"BI juga punya kewajiban yang namanya pengembangan UMKM. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan wirausaha, tidak hanya seminar tetapi kita akan menciptakan wirausaha mulai dari bawah, kita didik bagaimana berwirausaha, mencatat transaksi keuangan, berhubungan dengan bank, mencari  modal, pengembangan usahanya dan pemasarannya," paparnya.

Joko pun bertutur sektor UMKM adalah penggerak utama perekonomian di Indonesia, karenanya hal ini perlu terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat bisa terus bertumbuh.

"Sektor UMKM secara nasional penyumbang PDB terbesar, sekitar 76 persen yang perannya terhadap kegiatan usaha lebih dari 90 persen, sisanya perusahaan besar," tutupnya.


(AHL)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.