KNPB : Segera Mengungkapkan Pelaku Pembunuhan Alex Sambom - WENAS KOBOGAU

WENAS KOBOGAU

Percikan Bunga Api Untuk West Papua

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 Oktober 2017

KNPB : Segera Mengungkapkan Pelaku Pembunuhan Alex Sambom

Jayapua- waena 17 oktober 2017, Aktivis KNPB Alex Sambom tepatnya dirumah ibu kandung nya BTN buper samping perumahan dosen buper waena. Ketua 1 Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus kossay saya sebagai bapa adik keluarga alex dan juga atas nama organisasi menuntut tegas, pihak kepolisian segera tuntaskan Kasus Pemubunuhan terhadap Alex sambom, aktivis knpb.
Sejauh mana kepolisian telah menangani kronologis dan mempublikasikan melalui setiap sumber media cetak dan Elektronik alm. Alex sambom, itu kami dari pihak keluarga dan aktivis 100% tidak menjamin. Dan mereka mengatakan pelakunya telah ditangkap itu sebuah kesaksian sepihak.
Pihak kepolisian investigasi dan menangkap pelaku kami keluarga tidak menyakini apa yang mereka publikasikan itu bahwa benar, kami menilai bahwa apa yang pihak polisi menangkap pelaku dan saksi hingga mereka menghubungi keluarga melalui telepon seluler itu. kami dari pihak keluarga dan aktivis tidak percaya sekalipun kepolisian mereka mengungkapkan, Itu belum bisa pastikan bahwa itu benar. Berita yang sedang beredar media cetak maupun elektronik itu belum final.
Kami dari organisasi, memberikan tanggung jawab kepada keluarga bahwa akan di dorong proses hukum secara adat maupun hukum yang berlaku di Indonesia akan didorong entah itu, upaya akan dilakukan itu kami berharap kepada aparat keamanan benar-benar tuntaskan kasus kematian alm Alex sambom sebagai salah satu aktivis yang juga sebagai aktivis proaktiv di kalangan mahasiswa.
Kami mengharapkan, pihak kepolisian harus tuntaskan kasus ini sebaik mungkin agar keluarga korban juga puas. jika tidak diungkap atau tidak tuntaskan secara baik sesuai proses hukum. Berarti kami juga berpikir bahwa pihak kepoliasian berkerjasama dengan pelakunya.
apapun cara kematian orang papua sudah tahu bahwa: pembunuhan bunuhan dalam bentuk minuman keras, orang bunuh dalam bentuk narkoba, miras itu jelas produknya siapa?
Negara sendiri yang lakukan pembiaran, aturan diatas aturan, undang - undang diatas undang, yang tegakan negara sendiri yang punya proyek. adalah aparat TNI/POLRI yang melakukan tindakan pembunuhan secara struktural dan sistematis mengakibatkan pembunuhan mesterius dimana-mana selama ini. Maka, kami aktivis klaim bahwa: Alex mati dalam perencanan dan itu pembunuhan tidak hanya orang bunuh tiba-tiba dengan kasus pencurian itu tidak benar.
Mereka bunuh dalam rencana sebelumnya karena dokumen Kapolda papua dengan Kapolri itu jelas bahwa: tentang pembunuhan mereka sedang investigasi dalam dokumen sudah ada mereka investigasi kelemahan aktivis ada dimana, mahasiswa dimana, dan masyarakat dimana mereka sudah di integasi setelah pembunuhan mudus tabrak lari itu, dalam berbagai macam upaya mereka karena skala politik bangsa papua barat sudah mendunia di kanca internasiona, maka segala cara dilakukan dengan sistematik, pembunuhan, penembakan, secara publik ada isu HAM berat maka, ini adalah satu- satunya untuk membunuh dan menghabiskan orang papua barat.
Hari ini, kami dikhawatirkan meningkatnya angka kematian orang -orang papua. baik di provinsi papua dan papua barat sangat di sayangkan. maka itu, pemerintah perlu angkat bicara sebab kami lihat kematian hari ini sangat luar biasa; tegasnya.
Sementaran itu, sekjen 1 Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mecky Yeimo mengungkapkan bahwa pihak keluarga mendorong kasus ini secara hukum yang ada di indonesia silakan jalan, tetapi kami dari organisasi mengangkat dia sebagai pejuang dan pahlawan. maka kami akan mejalankan proses mekanisme yang ada.
Kami tidak tunduk pada pihak hukum Indonesia yang ada di papua. Kami menilai bahwa aktivis KNPB: Alex dibunuh secara tidak terhormat secara sistematis dan structural oleh negara. Bukan dia saja tetapi sejak KNPB berdiri dari 2008 hingga hari ini alm Alex yang ke 38 dibunuh secara tidak manusiawi oleh Negara. maka, kami pun dari organisasi tidak lepas tangan untuk menuntut mengungkap pelaku pembunuhan kasus kematian Alex sambom; tegasnya.
KRONOLOGIS KEJADIAN SINGKAT
Alex lahir di wamena 4 juni 1998
Pada hari sabtu malam Alex, pergi tanpa pemberitahuan kepada keluaganya. Sampai hari minggu pagi pukul 07: 00wit Alex ditemukan dalam keadaan tak bernyawa dan dalam keadaan telanjang di perumnas 3 waena sebelah kali, oleh warga setempat. kemudian warga tersebut langsung menghubungi pihak kepolisian pos terdekat perumnas 3 untuk mendatanginya.
Kemudian polisi menangani membawa Alex ke polsek Abepura, pihak kepolisian membawa mayat Alex ke Rumah Sakit (RS) Bayangkara diruang jenaza. Beberapa jam kemudian, pihak keluarga mendapat informasi dari kepolisian dan pihak RS Bayangkara. Akhirnya keluarga Alex mendatangi dan meminta penyelasan data akurat dan tempat penemuan mayat kepada kepolisian yang menangani. Namun polisi mengatakan; yang tangani mayat itu polsek Abepura, jadi keluarga Alex langsung ke sana dan tanyakan mereka ; ujar kepolisian bertugas di rumah sakit Bayangkara.
Tidak lama kemudian informasi sudah tersebar dan pihak keluarga Alex datangi RS bayangkara merekapun meminta kronologis secara lisan dan tertulis tetapi situasi diruangan tertekan hingga pukul 5: 23wit dipulangkan setelah proses otopsi dirumah mama kandungnya perumahan dosen buper waena, Kemudian pada hari selasa alm. di makamkan di pekuburan umum Expo waena.
Redaksi : Crew KNPB
Editor : Kaki abu

Sumber : FB Carabian Nasional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here